Bisnis makanan terutama makanan ringan memang tak ada matinya. Tak salah jika banyak pebisnis pemula memanfaatkan peluang usaha makanan ringan sebagai ladang uang mereka. Tapi, tak sedikit yang malah harus gulung tikar, karena salah strategi dalam mengembangkan usaha kuliner yang satu ini. Sebelum Anda memulai atau malah berhenti berbisnis ini, sebaiknya Anda pahami dulu plus minusnya.

Keuntungan Peluang Usaha Makanan Ringan
Hampir di setiap sudut jalan, pasti Anda menemukan penjual makanan ringan. Entah itu hanya sekadar keripik, gorengan, atau roti bakar yang peminatnya selalu ada. Dibalik itu, ada beberapa keuntungan dari usaha makanan ringan ini, yang mungkin tak dimiliki usaha lain.
  1. Modal kecil. Pastinya, usaha makanan ringan hanya membutuhkan modal sedikit. Karena yang diperlukan hanya modal untuk bahan baku pembuatan produk serta alat masak sederhana. Untuk alat masak bisa diabaikan, sebab Anda bisa memanfaatkan alat yang sudah Anda miliki di rumah.
  2. Untung Banyak. Kalau Anda jeli membidik pasar usaha ini, keuntungan berlipat ganda bisa Anda raup dalam waktu  cepat. Misal, Anda memilih peluang usaha makanan ringan yaitu gorengan, bertempat di dekat lampu merah, atau di sekolah, atau di dekat perkantoran, otomatis Anda sudah punya pelanggan setia yaitu orang di sekitar tempat Anda berjualan. Dan Anda sudah pasti akan punya pendapatan setiap harinya.
  3. Selalu dibutuhkan. Siapa yang tak pernah makan kerupuk atau gorengan. Bagi orang Indonesia cemilan ini selalu diminati. Jadi kalau usaha Anda lagi sepi pembeli, ingatlah bahwa akan selalu ada yang membutuhkan makanan ringan yang Anda jual.
Beralih kepada kerugian dari usaha makanan ringan. Yang paling utama adalah Anda akan banyak saingan. Bahkan terkadang di satu lokasi yang sama akan terdapat dua penjual makanan ringan jenis sama pula. Kalau Anda tak punya ciri khas atau tak kreatif dalam menghasilkan produk Anda, maka Andalah yang akan kalah.

Untuk memulai suatu usaha, apalagi peluang usaha baru, pada dasarnya dibutuhkan kemauan yang keras dan kreativitas yang tinggi, agar tak hanya bisa bertahan dalam hitungan bulan. Begitu juga dengan peluang usaha makanan ringan. Cermati pasar, kalkukasikan untung rugi, dan Anda akan jadi pesaing tangguh diantara penjual makanan ringan lainnya.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top