Dibandingkan peluang bisnis lainnya, membuka usaha makanan beku itu membutuhkan perencanaan yang lebih cermat. Terutama urusan tentang pemilihan produk, sistem pemasaran, pengiriman serta teknik untuk meraih tingkat laba lebih tinggi dan besar.

Berikut Tips Mengembangkan Usaha Makanan Ringan

1. Pemilihan produk
Produk usaha makanan beku banyak sekali jenisnya. Namun agar dapat fokus, pilih salah satu atau dua jenis produk saja yang dianggap paling spesifik. Selain itu jangan pilih produk yang sangat mudah dijumpai di pasaran, karena tingkat persaingannya sangat ketat.
Lebih bagus membuat produk usaha makanan beku sendiri, sehingga memiliki rasa istimewa dan tidak bisa dijumpai di super market atau toko makanan. Misalnya memproduksi makanan beku dari bahan organik. Keunggulannya utamanya adalah lebih aman dan sehat dikonsumsi.
2. Pemasaran
Jika belum mempunyai modal besar, disarankan membuka usahamakanan beku secara kecil-kecilan dulu. Misalnya dengan cara dititipkan di toko makanan atau grocery. Meskipun nilai keuntungannya lebih sedikit karena harus dibagi dengan pemilik toko, namun ini merupakan cara terbaik untuk merintis usaha makanan beku.
Selain itu dapat menawarkan produk usaha makanan beku ke rumah makan atau restoran dan hotel terdekat. Dengan sistem pemasaran seperti ini lama kelamaan masyarakat akan tahu jika ada produk makanan beku yang bisa diperoleh dengan mudah.
Pada umumnya, sistem pemasaran produk usaha makanan beku lebih mudah dikembangkan melalui sistem jaringan atau network. Jadi merupakan hal yang sangat bagus sekali jika mau bergabung dengan komunitas pengelola restoran, hotel atau komunitas pecinta kuliner. 
3. Pengiriman
Setelah usaha makanan beku mulai berkembang dan dikenal masyarakat, pangsa pasar dapat diperluas ke luar kota atau secara online. Sistem pengiriman merupakan hal yang perlu dicari pemecahannya secara tepat, misalnya menggunakan truk freezer.
Biaya sewa truk freezer untuk mengirim hasil produk usaha makanan beku tentu lebih mahal dibanding dengan trus biasa. Karena itu masalah harga juga harus disesuaikan dengan ongkos pengirimannya.
Agar masalahnya tidak terlalu ribet, khusus penjualan daerah luar kota sebaiknya hanya mau melayani partai besar atau grosir saja. Penjualan secara eceran akan memberatkan biaya kirim sehingga nilai jual produk usaha makanan beku akan menjadi mahal.
Itulah beberapa hal utama yang perlu dipersiapkan sebelum membuka dan menjalankan usaha makanan beku. Semoga bermanfaat dan selamat berwirausaha.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top